Hidung Mampet..? Ikuti Tips Ini!

Hidung mampet merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari utamanya aktivitas menarik udara dan mengeluakannya kembali atau disebut bernapas (penjelasan yang gak penting sama sekali)
Namun, tahukah anda apa penyebabnya?

Mari kita sama-sama bertanya kepada mbah gugel.

Hidung mampet diantaranya disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari faktor external berikut ini:
1. Kotoran, debu yang terhirup melalui hidung,
2. Penyakit atau Infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur,
3. Alergi terhadap sesuatu hal misalnya daerah lembab, berdebu, bau – bau tertentu, makanan tertentu,
4. Dan lain hal yang masih belum diketahui.

Selain Faktor External tentunya juga ada faktor internal seperti kondisi fisik yang menurun atau beban pemikiran.

Berikut ini adalah pengobatan yang bisa anda terapkan :

  • Iliadin, obat tetes dengan resep dokter. Obat ini cukup efektif namun hanya sementara, hanya melonggarkan lubang pernafasan dan tidak mengobati penyebabnya.
  • Perasan jeruk nipis campur sedikit kecap atau madu. Sangat efektif untuk mencairkan lendir yang kental sehingga memudahkan keluar dari rongga hidung. Namun tidak tuntas mengobati sumber penyakitnya, hanya mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga hidung.
  • Memijat titik pusat T di antara mata tepat di pangkal hidung dan di atas alis mata di mana rasa pegal atau tegang itu berada. Hal ini bermanfaat untuk mengendurkan otot – otot yang tegang dan membantu mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga sinus. Penulis sudah mencoba cara ini dan lendir itu keluar tidak berapa lama setelah di pijat dan rasa sakit atau pegal atau tegang berangsur hilang.
  • Akupuntur. (kemahalan)
  • Terapi uap air di campur sekuku Nutrimois CNI. Sangat efektif untuk mengobati hidung meler akibat flu berat. Sebelumnya apabila terkena flu, ingus terasa kental dan sulit untuk keluar dari rongga hidung namun tumben sekali cairan akibat flu ini lebih cair dan meler terus. Sengaja dipaksakan untuk minum es agar cairan flu semakin jadi. Saat puncak itulah dilakukan terapi uap ini dan ternyata setelah itu hidung bersih sama sekali dari lendir flu. Sebagai catatan tambahan bahwa dapat juga menggunakan PIL Gurah dari Al Biruni untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan cairan dari rongga hidung.
  • Pernafasan sadar. Latihan pernafasan sadar ini berguna untuk mencegah penyempitan rongga hidung yang baru saja akan terjadi. Jadi ketika kita merasakan gejala hidung mulai mampet lakukanlah pernafasan secara sadar artinya penafasan yang dilakukan secara dalam dibandingkan dengan pernafasan sadar yang kadang menjadi pelan. Udara hangat yang berasal dari paru – paru akan membantu melegakan rongga hidung.
  • Mandi juga efektif untuk menyapu virus – virus flu yang hinggap di tubuh kita.
  • Menggunakan propolis (silahkan cari tahu di gugel apa itu propolis)

Namun jika malas beribet dengan pengobatan yang memakan waktu dan biaya, anda bisa melakukan hal ini (terkesan konyol) :

  1. Cobalah tarik napas sedalam2nya dalam keadaan tegak berdiri (bukan tegak bersambung). Tehnik ini untuk mengidentifikasikan lobang idung mana yg mampet..Ups dapet..sebelah kanan atau sebelah kiri ne mampet..Next.
  2. Pas uda tau lobang idung sebelah kanan atau kiri yg mampet, segeralah berbaring ketempat tidur anda..
  3. Berbaring lah dengn gaya badan menghadap kiri jika yang mampet yang kanan dan ke kanan jika yang mampet yang kiri. Dan tangan kiri menyangga kepala yang melihat kekiri (sebaliknya untuk yang kiri). (Ini berguna untuk menjatuhkan ampetan atau bola mampet di hidung untuk turun ke bawah dan ke lobang hidung kiri)
  4. Saat ampetan mulai turun sambil menjaga badan tetap menhadap kiri atau kanan,Dengan cepat baringkan badan dengan sempurna.

konyol bukan?
but,
TRUST ME!
IT WORKS

sumber

About these ads

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Tulisan ini dipublikasikan di litle article dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Hidung Mampet..? Ikuti Tips Ini!

  1. Dix berkata:

    Buset bener2 manjur tips nya!!! Ga bisa tdr gara2 idung mampet, akhirnya gugling pke hp… Ckckck…

  2. gempur berkata:

    HHAHHA
    baguslah kalo manjur
    kalo ane sih nyoba yang mijat2 pangkal idung itu
    enak banget tuh
    sklai pijat langsng maknyooosss
    lendirnya keluar!!

  3. dealer pulsa berkata:

    terima ksih atas tipsnya, saya sering mengalami hidung mampet apa lagi pas lingkungan agak dingin

  4. oke berkata:

    nice info gan…thx

  5. Andrew Thomp berkata:

    wah…
    Cara yang membaringkan sangat efektif gan…
    Sip..sip..

  6. nanda berkata:

    suka tips yg terakhir

    spt nyam pengalaman pribadi :D

  7. gorjess spazers berkata:

    yang terakhir :
    cepet,praktis,ekonomis (?)
    tapi..
    Lendirnya malah ketelen..
    Ato emang gitu ya?

  8. candra berkata:

    langsung manjur tips nya
    Makasih

  9. silvia lagi berkata:

    mempan…
    tpi balik lgi….

  10. Fhitryà berkata:

    Sipzt.. seru bgtz tips.nya sampe jungkir balik meragainnya.. tapi manjur bgtz.. thx gan..

  11. ahiap berkata:

    + coba jalan2 sebentar,minum aer putih om… encer plong…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s