Masalah Haji Indonesia Itu-itu Ajah

Teknis penyelenggaraan haji hingga tahun 2008 ini masih kurang serius ditangani Departemen Agama. Pasalnya, berbagai kasus dalam penyelenggaraan ibadah haji, dari sejak pembayaran, pemondokkan, pelaksanaan hingga kepulangan, terus terjadi dan selalu berulang setiap tahunnya.

Dari delapan elemen teknis penyelenggaraan haji, ada tiga yang paling parah, yakni pemondokkan, pelayanan medis, dan tenaga pembimbing petugas.

Untuk ketiga hal itu sepertinya belum ada perubahan berarti. Dalam hal pemondokkan misalnya, banyak jemaah yang mengeluh tentang kelayakan, fasilitas hingga jumlah maksimum orang per ukuran kamar. Belum lagi, jarak yang terlalu jauh dari tempat beribadah.

Untuk pelayanan medis, ketersediaan obat masih menjadi masalah. Demikian juga kecepatan pelayanannya, terutama jika ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu, tugas kerja pembimbing terhadap jemaah haji tidak jelas. Rasio yang tidak seimbang antara pembimbing dan jemaah, sehingga jemaah sering tidak mengenal pembimbingnya.

Meski juga terus muncul setiap tahun, untuk lima aspek teknis lain relatif dianggap tidak bermasalah. Yakni bimbingan sebelum keberangkatan, setoran haji, makanan dan minuman, penerbangan, dan sarana pengaduan.

Dengan jumlah jemaah sekitar 200.000 orang, mestinya Departeman Agama lebih serius dan profesional menyelenggarakan ibadah haji, sehingga berbagai persoalan yang rutin setiap tahun terjadi bisa diminimalkan.

dikutip dari: KOMPAAS.com

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Pos ini dipublikasikan di litle article dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Masalah Haji Indonesia Itu-itu Ajah

  1. Anwar Ashari berkata:

    Senang sekali kalau kebetulan menemukan masalah haji seperti ini. Saya ingin semua orang tahu tentang ISLAM dan HAJI. Baru baru ini saya juga baru menulis sebuah buku tentang haji. Marilah kita menyiarkan agama ini dengan segala upaya. Saya juga sudah menulis sebuah buku tentang pengalaman haji. Saudaraku boleh kunjungi website saya di http://www.mandailingnatal.page.tl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s