Uang Rp.10.000 dan Rp.1.000 Baru

Menyusul banyaknya kontroversi tentang keputusan redenominasi rupiah, Bank Indonesia justru meluncurkan desain baru dari uang kertas lembaran Rp.10.000,- dan koin Rp. 1.000,- baru-baru ini.

Ya, mungkin anda baru mendengarnya. Saya juga! Tepatnya pasca berbuka puasa di salah satu rumah makan yang lumayan laris sebut saja SS beberapa jam yang lalu. Sesaat setelah membayar di kasir dengan pecahan Rp. 50.000,- kasir memberikan kembalian dengan pecahan Rp.10.000,- yang tampak seperti uang palsu bagi saya, sehingga saya dengan spontan bertanya : ” Mbak ini yakin kembalianny??” dengan nada menggugat dan tampang tak percaya. Lalu si kasir yang lumayan cantik itu berkata dengan santai dan senyum simpul “iya mas, itu uang baru”. Alangkah malunya saya, sampai tidak mengetahui hal penting itu. Oleh karena sedikit ada rasa malu dan memang urusan saya sudah selesai dengan si kasir berkerudung bersenyum menwan itu saya pun pergi berlalu sambil bergumam “oooohhhhhh..malunya…..!!”

Hal itu membangkitkan rasa penasaran saya untuk mencari tahu kapan pecahan uang baru itu mulai di rilis. Alangkah terkejutnya saya ternyata Uang ini sudah resmi diedarkan ke pasaran sejak 20 Juli 2010. Oh tidak! dan sekarang tanggal 20 Agutus 2010. Berarti sudah sebulan uang itu beredar dan saya baru mengetahuinya.

Berikut ini gambar dari kedua uang baru tersebut:

Rp. 10.000,-

Rp.1.000,-

Kalau uang kertas pecahan Rp. 10.000,-an mungkin dalam rangka menghemat tinta printer sehingga warnanya menjadi sedikit lebih buram. Lalu, untuk koin Rp.1000,- tujuannya apa ya? Kemudian ikon yang ditampilkan di depan uang adalah Angklung, yang menjadi sedikit kontroversi. Tapi bagi saya apapun yang dipakai sebagai gambar pada uang di Negri  ini, selama uang itu dapat dipakai sebagai alat pembayaran, ya..sah sah saja

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Pos ini dipublikasikan di Funny Story, Life Story, litle article dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Uang Rp.10.000 dan Rp.1.000 Baru

  1. rifqi berkata:

    Hmm..jadi menurut anda seperti begitu ya?
    makanya jadi orang jangan setengah-setengah kalo dengerin berita. target redenominasi rupiah kan masih 2020 an..masih lama..

  2. gempur berkata:

    ???
    kagak nyambung mas :p
    saya membahas uang baru kog
    yang redenominasi kan cuman pengantar :week
    makanya baca yang jelas.
    jangan spotong2

Tinggalkan Balasan

