Tips Memutihkan Gigi

Senyuman manis merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan image baik kita terhadap orang lain. Apalagi jika di dukung dengan gigi yang putih bersih dan sehat. Namun, bisa anda bayangkan jika dibalik senyuman manis anda terselubung gigi yang kuning? Tentu saja anda akan merasa sedikit tidak nyaman dengan hal itu.Lalu, sebenarnya hal-hal apa sajakah yang bisa menyebabkan gigi kita menguning? Berikut ini 8 hal yang bisa menyebabkan gigi berwarna kuning atau bahkan berwarna lebih gelap lagi :

1. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, gigi akan semakin berwarna gelap. Pada usia tua produktivitas tubuh untuk menyerap nutrisi dan vitamin semakin menurun. Oleh karena itu, kalsium yang diserap tubuh semakin lama semakin sedikit. Padahal kita tahu bahwa gigi sangat membutuhkan kalsium untuk tetap kuat dan sehat. Pasta gigi mungkin tidak akan banyak membantu, namun gigi tetap membutuhkan pasta gigi yang berkualitas untuk menjaga kekuatan gigi dari luar, agar tidak mudah rapuh.

2. Warna gigi asli

Masing-masing orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda. Ada yang pada dasarnya memiliki gigi putih, namun ada juga yang tidak. Warna gigi ini dipengaruhi oleh pembentukan tulang, yang pada dasarnya memiliki genetika yang berbeda.

3. Tebal tipisnya dinding gigi

Genetika dan usia, pengaruh yang cukup besar untuk ukuran tebal dan tipis gigi. Setiap orang memiliki bentuk gigi dan ketebalan yang berbeda-beda. Tebal tipisnya dinding gigi ini kemudian mempengaruhi warna gigi. Dinding gigi yang tipis cenderung lebih transparan dan kuning. Gigi jenis ini pada umumnya membutuhkan bleaching agar bisa putih. Sedangkan gigi yang tebal cenderung berwarna terang.

4. Kebiasaan makan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan juga berpengaruh terhadap warna gigi. Beberapa makanan berwarna dapat membuat gigi menjadi kuning dan gelap. Sebut saja di antaranya: anggur, kopi, teh, soda, wortel, jeruk, dan makanan yang mengandung warna lainnya. Makanan yang mengandung pewarna itu, jika dikonsumsi terus menerus akan membuat gigi tidak putih lagi. Terlebih, asam yang terkandung dalam buah-buahan masam akan memicu munculnya warna kuning dari gigi.

5. Kebiasaan merokok

Nikotin membawa pengaruh yang sangat buruk bagi gigi. Hampir semua perokok mustahil memiliki gigi putih. Rata-rata dari mereka selalu memiliki gigi kecoklatan, berkerak dan bahkan mulai rontok. Ternyata nikotin pada rokok tak hanya jahat pada jantung dan paru-paru, efek pada gigipun sangat buruk. Sepertinya Anda lebih baik berhenti merokok jika ingin memiliki tubuh dan gigi sehat serta gigi putih cemerlang.

6. Pengaruh bahan kimia dan obat-obatan

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada obat yang biasa kita konsumsi adakalanya menyebabkan gigi menguning. Bagian yang ini mungkin tidak bisa dihindari, karena beberapa orang tergantung pada obat-obatan tertentu untuk membantu kesembuhannya.

7. Munculnya kerak dan penipisan dinding gigi

Stres tidak hanya menimbulkan jerawat di wajah Anda. Stress juga mampu menimbulkan penipisan dinding gigi serta penimbunan kerak. Apalagi jika Anda tidak rajin menggosok gigi. Bayangkan saja berapa banyak kuman yang menimbulkan berbagai gangguan /penyakit di dalam mulut.

8. Trauma

Sempat ditemukan kasus jika terjadi trauma, misalnya akibat jatuh atau benturan keras, warna gigi juga ikut terpengaruhi. Semakin besar trauma yang terjadi kondisi gigi tidak akan baik. Dan warna gigi akan semakin gelap.

Namun, bukan berarti warna kuning pada gigi tidak dapat dihilangkan. Tidak perlu cara mahal untuk mengembalikan warna putih gigi. Ikuti tips berikut agar gigi terjaga kesehatannya dan terhindar dari noda kekuningan:

1. Gunakan Obat Kumur Non AlkoholKonsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Karena itu pastikan obat kumur Anda tidak mengandung alkohol. Untungnya sejak alkohol terbukti membuat mulut kering, banyak produk obat kumur yang meniadakannya.

2.Gunakan Pemutih InstanUntuk hasil instan, gunakan pemutih atau “power bleach” yang bisa dipakai sendiri. Tapi alih-alih mendiamkan gel selama setengah jam, mulai ganti gel pemutih tiap 10 menit. Cara ini dapat menggandakan kerja gel yang semakin lama semakin lemah.

3.Hindari Pasta Gigi Dengan PemutihPasta gigi dengan pemutih hanya menghilangkan noda di gigi dengan cara mengikis menggunakan partikel kasar seperti scrub. Cara ini dapat merusak gigi, bukan memutihkan. Karena itu ganti dengan pasta gigi biasa.

4.Hindari Minuman Berwarna BerlebihanKopi, soda, teh, dan anggur dapat mengubah warna gigi. Tapi yang paling buruk diantara semuanya adalah teh hijau. Jika Anda gemar minum teh sehat ini, segera berkumur setelahnya, lebih baik jika Anda menyikat gigi.

5.Kunyah Permen Karet Bebas GulaPermen karet mengandung xylitol yang telah terbukti mengurangi bakteri yang menyebabkan warna gigi berubah kuning.

6.Makan StrawberryBuah yang mengandung asam dapat “membakar” gigi. Karena itu asam yang terdapat pada buah strawberry dapat membuat gigi tampak lebih putih. Tapi konsumsi secukupnya.

Selamat Mencoba!!

sumber

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Pos ini dipublikasikan di litle article dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s