Antara Wasior, Mentawai dan Yogyakarta

Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Bangsa ini adalah bangsa yang menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, Bangsa ini adalah bangsa dengan negara yang kaya, sumber daya yang melimpah dari perut bumi hingga lautan. Tapi, bangsa ini jugalah yang sering menjadi sorotan dunia, bangsa yang sering menjadi tontonan di dunia, bukan sebagai bangsa yang kaya akan  Sumber Daya, tetapi bangsa yang Termakan oleh Sumber Daya Alam yang begitu besarnya meluapkan amarahnya di setiap penghujung pulau di Indonesia.

Wasior, Mentawai dan Yogyakarta. Tiga tempat yang terletak di tiga nusa yang berbeda dan memiliki sumber daya yang berbeda pula.

Wasior, sebuah distrik di kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Indonesia. Tempat yang mungkin baru kita dengarkan namanya seumur kita hidup di bumi Indonesia ini. Namun, seklai mencuat, dia memberikan pukulan yang sangat telak dan mengejutkan kepada kita semua. Bagaimana bisa daerha yang penuh dengan hutan itu bisa dibanjiri air berkubik2 sampai menghilangkan nyawa beberapa dari sudara kita.

Ini wasior yang sekarang tersohor dengan cara yang sama sekali warganya tidak inginkan.

Namun, keindahan itu kini tak lagi bisa mereka nikmati, hanya genangan air berbalut lumpur kental-lah yang mereka hadapi sejak terjadinya banjir dan tanah longsor pada Senin, 4 Oktober 2010 lalu. Setidaknya Sebanyak 124 orang dinyatakan tewas dan 123 lainnya masih hilang. Bukan hanya itu, Kerugian material yang diderita akibat banjir di Wasior, Papua Barat, pada 4 Oktober yang lalu, mencapai Rp 277, 9 Miliar. Namun, angka tersebut baru sementara, karena sampai saat ini pemerintah masih melakukan penghitungan.(25/10/2010)

Mentawai, Kabupaten Kepulauan yang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Tempat yang sudah tersohor hingga kemancanegara sebagai salah satu tujuan wisata, dan surganya para peselancar. Kabupaten ini terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai. Selain itu masih ada beberapa pulau kecil lainnya yang berpenghuni namun sebahagian besar pulau yang lain hanya ditanami dengan pohon kelapa.

Ini mentawai yang tersohor itu :

Namun, semua keindahan itu sirna begitu gempa berkekuatan  7,2 SR melanda Mentawai pada 21.40 WIB, Senin (25/10/2010) dan menyebabkan tsunami di kawasan Mentawai dengan tinggi gelombang mencapai 3 meter yang menyapu kawasan di pinggir pantai. Sayangnya bukan hanya keindahan itu yang sirna dari Mentawai tapi 113 orang sudara kita yang hidup disana telah meninggal dunia sedangkan 150 orang lainnya dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

Yogyakarta, sebuah Daerah Istimewa di selatan pulau Jawa yang memiliki banyak hal yang menunggu untuk kita gali dan kita nikmati. Kota yang saat ini sedang mengasuhku menjadi salah satu anak bangsa yang semoga berguna bagi Negara Indoneisa yang tercinta ini. Yogyakarta, segalanya mungkin bisa anda temukan di sini, pergerakan uang yang sangat cepat, keindahan alam yang tersaji, peradaban sejarah yang terkemas apik, pendidikan, sampai keramahan khas Indonesia yang termasyur sampai ke negeri orang.

Ini Yogyakarta yang istimewa itu:

Namun semua keindahan itu harus sedikit terusik dengan bangunnya si penguasa belahan utara Jogjakarta , Gunung Berapi Paling aktif di dunia, Merapi.

Setelah statusnya di naikkan menjadi AWAS!, Gunung yang terletak diperbatasan Yogyakarta dan jawa tengah ini mengeluarkan Awan Panas senja tadi (26/10/2010) dan sampai saat ini telah memakan korban 16 orang meninggal dunia yang terperangkap di rumah kediaman Kuncen, Mbah Maridjan dan belasan lainnya luka-luka yang menyebabkan jogja khusunya bagian sleman diramaikan oleh suara sirine ambulans yang lalu lalang mengantarkan korban serangan awan panas malam tadi.

Lalu, dibalik semua itu apa yang telah kita lakukan? Apa yang telah pemerintah kita lakukan? Ya. jalan-jalan ke Yunani untuk Belajar Etika. Apa yang bisa etika yang mereka pelajari lakukan untuk menanggulangi masalah dalam negeri kita tercinta ini?

Ya, walaupun hal itu adalah beberaa tindakan yang setidaknya membuat citra pemerintah negara ini semakin buruk dibalik upaya sungguh-sungguh penanggulangan Banjir wasior, Gempa dan tsunami mentawai dan Letusan Gunung Merapi, namun hal itu sudahlah cukup untuk membuat hati kita terbakar dan meninggikan rasa kebencian kita terhadap pemerintahan bangsa ini.

Ya, setidaknya mari kita berharap suatau saat nanti bangsa ini akan mampu menjadi yang terbesar, bangsa yang mampu menghargai potensi dirinya, bangsa yang mampu mensejahterakan dirinya dari pemanfaatan Sumber Daya yang baik tanpa ekxploitasi. AAMIIN!

wikipedia,kompas, google!

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Pos ini dipublikasikan di Life Story, litle article dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s