Google+ vs Facebook

Akhir bulan lalu menjadi saksi persaingan dua Social Network, dimana Google Corp. yang telah lebih dahulu dikenal dengan Search Engine nya akhirnya meluncurkan Social Networkig-nya yang dikenal sebagai Google+ yang diprediksi sebagai pesaing terbesar Social Network yang lebih dahulu booming di Indonesia, Facebook.

Memang, user google+ belum semembludak user facebook yang telah mencapai jumlah 648 juta pengunjung (unique visitors) dari seluruh dunia pada November 2010. (vivanews). Namun di awal pembukaannya untuk umum, banyak pengguna social networking rela mengantri untuk memiliki akun google+ yang mengakibatkan pihak google+ memberlakukan sistem buka-tutup quota pendaftaran setiap harinya.

Memang dari segi banyaknya aplikasi boleh saja Facebook masih merajai social network, namun menurut para pemerhati social networking, google+ yang masih berupa project saja sudah menarik perhatian banyak user dan sebagian besar juga merupakan user facebook, apalagi kalau telah menjadi hasil yang fix? Kita lihat saja nanti.

Namun lepas dari fakta tersebut, tercatat hanya dalam dua minggu sejak di umumkan, pengguna Google+ sudah menyentuh angka 10 juta, hal itu merupakan prestasi luar biasa mengingat sebelumnya Google telah gagal membuat laman media sosial.  Pendiri Ancestry.com Paul Allen yang memperkirakan jumlah pengguna Google+ mencapai 10 juta, meskipun kesiapan layanan jejaring sosial itu sendiri belum maksimal.Namun, Google+ masih berada di belakang kompetitor jejaring sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook. Twitter memiliki pengguna lebih dari 300 juta dan Facebook pada pekan lalu mengumumkan jumlah penggunanya lebih dari telah 750 juta, demikian dikutip dari Telegraph.

Melihat fakta persaingan yang semakin ketat tersebut, nampaknya facebook tidak mau ketinggalan, apalagi sampai kehilangan user setianya yang berpindah ke google+.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaannya akan meluncurkan produk baru. Tapi dia tidak memberitahu pasti seperti apa produk yang akan datang. Produk baru dibuat oleh tim Seattle Facebook. Telah berspekulasi bahwa hal itu bisa memiliki komponen desktop karena semua perangkat lunak desktop dikerjakan oleh kantor Seattle nya.  Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa produk yang akan diluncurkan Facebook pada tanggal 6 Juli adalah aplikasi video chat yang didukung oleh Skype. Ini akan bekerja melalui web browser. Produk ini didasarkan pada Skype dan akan memiliki komponen desktop.

Melihat persaingan social networking yang semakin sengit ini, nampaknya banyak pihak-pihak iseng mengibaratkan kehadiran google+ sebagai penggusur kedigdayaan Facebook. Berikut ini beberapa hasil karya mereka.

Kita lihat saja, apakah google+ mampu menjadi pesaing berat facebook dan bagaimana facebook berusaha mempertahankan kedudukannya di puncak peringkat social networking!

Tentang gempur

i am an easy going man. easy beeing boored easy being happy easy being..... pokoke easy-lah...
Pos ini dipublikasikan di litle article dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Google+ vs Facebook

  1. kayaknya facebook kalah deh..sebab privasi pada facebook jelek sekali…apalagi facebook tampilan baru sekarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s